Begini Caranya Semangati Suami Agar Giat Mencari Nafkah

----iklan---

Begini Caranya Semangati Suami Agar Giat Mencari Nafkah


Sahabat Ummi, cukup banyak istri yang melakukan kesalahan dalam memotivasi suami, niatnya sih untuk menyemangati agar lebih giat mencari nafkah, tapi justru bikin suami down dengan banyaknya tuntutan ini dan itu.

Bagaimana seharusnya sikap istri yang tepat agar suami lebih semangat mencari nafkah tanpa merasa terbebani:

1. Awali dengan bersyukur 

Ya, yang terpenting adalah dengan memulai segala sesuatu dengan rasa syukur terlebih dahulu. Banyak istri yang mengawali dengan keluhan ketika suami memberikan uang bulanan.

"BBM naik, listrik naik, uang bulanan kok nggak ikut naik sih Mas?"

"Uang segini mana cukup sih Mas buat sebulan!"

Hasilnya? Suami yang merasa hasil keringatnya tidak dihargai, akan merasa kecewa dan justru hilang semangat untuk menafkahi istri dan anak.

Bersyukurlah berapa pun jumlah yang diberikan oleh suami, hargai usaha suami untuk memberi kewajibannya pada keluarga, maka ini adalah awal yang baik. In syaa Allah dengan uang bulanan yang sedikit pun, jika diberi keberkahan oleh Allah, segalanya akan cukup.

Ucapkan terima kasih setiap suami memberikan uang bulanan, tunjukkan rasa syukur kita meskipun hal tersebut merupakan kewajiban suami, berikan senyuman dan pelukan untuk suami rasanya cukup baik.  

2. Ajak suami berkomunikasi mengenai kebutuhan rumah tangga

Istri juga perlu mengajak suami berbincang mengenai kebutuhan rumah tangga yang tentu saja semakin hari semakin meningkat. Berkomunikasi dengan baik dapat membuka paradigma suami, bahwa suatu hari anak akan memerlukan biaya sekolah, rumah tangga memerlukan rumah untuk bernaung, dan juga kendaraan yang layak untuk bepergian.

Jika istri mampu memperlihatkan visi finansial rumah tangga tanpa perlu membanding-bandingkan dengan kondisi yang telah dicapai tetangga, teman, atau keluarga besar, in syaa Allah suami bisa terbuka pikiran untuk semakin semangat berprestasi di tempat kerja.

3. Buat kesepakatan bersama untuk masa depan 

Buatlah kesepakatan dengan suami, berapakah jumlah nominal yang perlu ditabung setiap bulan, bentuknya berupa tabungan atau emas batangan atau tabungan asuransi?

Lalu buat juga kesepakatan hal-hal apa saja yang perlu dihemat setiap bulannya agar bisa menekan pengeluaran. Misalnya dengan memangkas kebiasaan makan di luar rumah, memotong biaya bensin dan menggantinya dengan naik kereta.

Pikirkan bersama, adakah usaha yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan rumah tangga. Misalnya usaha online menjualkan produk dari pihak lain, atau membuka usaha di rumah yang bisa dijalankan istri, atau apapun hal lainnya yang bisa membuat kondisi finansial keluarga bisa lebih dinamis.

4. Mendoakan suami

Doa istri untuk suami tentu saja merupakan hal yang sangat penting. Setiap hari, minimal lima kali berdoalah agar Allah memberikan rezeki halal dan berkah untuk keluarga kita.

Foto ilustrasi: google

---iklan---
Tag : Islam
---iklan---
0 Komentar untuk "Begini Caranya Semangati Suami Agar Giat Mencari Nafkah"
Back To Top